Jumat, Agustus 29, 2008

Nama Aglaonema Silangan Greg Hambali

Tahukah anda apa saja nama aglaonema yang telah dihasilkan Bpk. Greg Hambali ? Kami menemukan catatan untuk itu sbb :

Donna Carmen (1985), asal nama : Donna Carmen diambil dari nama penjual nasi di Costa Marques - Brazil, tempat dimana Greg singgah untuk makan selama ekspedisinya.

Pride of Sumatera (1993): Pride og Sumatera artinya kebanggaan Sumatera. Greg berterimakasih kepada Sumatera yang telah mempersembahkan aglaonema Rotundum sebagai penyumbang warna merah yang monumental, yang menjadi bahan ciri khas dari penyilangannya. Adelia (Tahun release : 2000). Asal nama : Diambil dari nama kolektor tanaman hias di Manila, Adelia Angeles yang membantu perburuan Aglaonema Commutatum di kawasan Panay, Filipina.

Widuri (Tahun release : 2000). Asal nama : Terinspirasi dari lagu lama yang berjudul Widuri yang dinyanyikan oleh Bob Tutupoly. Lagu tersebut menceritakan tentang seorang gadis yang cantik , secantik Aglaonema Widuri.
Tiara (Tahun release : 2004). Asal nama : Nama dari puteri Antony Ekasaputra, petani tanaman palem di Bogor.

Madame Soeroyo (Tahun release : 2004). Asal nama : Mengambil nama kolektor setia aglaonema asal Jakarta Selatan yang merupakan sahabat baik Greg, Tati Soeroyo. Nama itu sekaligus sebagai hadiah untuk ulang tahunnya yang ke 80.
Angelina (Tahun release : 2004). Asal nama : karena mirip dengan A. Angela maka dinamai Angelina.

Agela (Tahun release 2004). Sebenarnya namanya Ageles, berasal dari Adelia Angeles , nama kolektor tanaman. Tetapi karena Angeles merupakan nama laki-laki , maka diganti menjadi Angela.
Kreshna (Tahun release 2004). Asal nama : Nama Raja yang bijaksana , salah satu tokoh dalam pewayangan.

Sexy Pink ( tahun release : 2004). Asal nama : Warna pink yang dominant dan indah.Shinta (elease : 2004). Asal nama : Nama tokoh pewayangan dalam kisah Rama dan Shinta.
Ruby (tahun release : 2006). Asal nama : Warna bercaknya merah sebagaimana batu Rubi.

Jatayu (Tahun release: 2004). Asal nama : Nama tokoh burung dalam cerita pewayangan.
Lipstick. (tahun release : 2004 / 2005). Asal nama : Dinamai lipstick lantaran pinggiran daunnya berwarna merah menyala sebagaimana bibir yang menggunakan pemulas bibir (lipstick)
Petita (tahun release : 2004) asal nama : Berasal dari bahasa latin yang berarti langsing.
JT 2000. (Tahun release : 2000) . Asal nama : diambil dari nama sahabat Greg dari Singapura : John Tan.

Ruth (tahun release 2005). Asal nama : nama ahli botani yang bermukim di Malaysia DR.Ruth Kiew.
Dolores. (tahun release : 2004/ 2005). Asal nama : berasal dari nama pemilik Blooming Good Nursery, di Florida : Dolores Fugina.
Teresa. (tahun release : 2004 / 2005). Asal nama : diambil dari nama Bunda Teresa , tokoh perdamaian dunia yang punya hati lembut.
Srikandi. (tahun release : 2004). Merupakan aglaonema seri wayang ( yang dinamai tokoh pewayangan). Srikandi diambil dari ksatria putri yang pandai memanah.

Juliet. (tahun release : 2004 / 2005. Asal nama : Pemilihan namanya terkait erat dengan kisah romantis Romeo and Julie. Drama klasik karangan Shakespeare.

Jake Henny. (tahun release : 2003). Asal nama : penampilannya gagah hingga cenderung maskulin, maka dinamai dengan nama laki-laki, Jake.
Hot Lady. (tahun release : 2005). Asal nama Namanya agak lain dari sebelumnya karena yang memberinama anak pak Greg : Mia).

Super Pride.
(tahun release : 2005). Berasal dari nama Pride of Sumarera dengan warna super merah.
Stella. (Tahun release : 2004 ). Asal nama : Nama lembut identik dengan nama perempuan, karena Aglaonema Stella berkarakter lembut.

Catherine. (tahun release 2004). Asal nama : nama lembut yang mencerminkan kelembutan warna.
Lucky (tahun release : 2004). Asal nama : Nama maskulin karena warnanya yang kontras dengan sosok gagah.

Lisa (tahun release : 2004). Asal nama : nama feminim.
Evita (tahun release : 2004). Asal nama : nama perempuan (feminim karena warna daun lembut).
Esmeralda (tahun release : 2004). Asal nama : Nama perempuan karena warna tanaman lembut.
Moonlight. (tahun release : 2005). Asal nama : bentuk daunnya bulat dan kekuningan seperti bulan yang sedang bersinar).

Diana (tahun release : 2004). Asal nama : sosoknya tinggi, ibarat Lady Diana, mendiang istri Pangeran Charles sehingga dinamai Diana.
Amalia (tahun release 2004 / 2005 ). Asal nama : tidak diketahui.

Srigading (tahun release : 2004 / 2005). Asal nama : Berasal dari kata gading karena warnanya kuning mirip warna gading.

Reina (tahun release : 2005). Asal nama : nama perempuan (feminism).

Veronica. (tahun release: 2005. Asal nama : nama perempuan (feminism).

Harlequin. Tahun release : 2006). Asal nama : Penampilannya memukau orang. Dengan melihatnya akan mendatangkan kesenangan.

Mutiara . Asal nama : Aglaonema ini diberi nama Mutiara karena kelir putih kekuningan di daunnya menimbulkan suasana kemilau , ibarat kilauan cahaya mutiara.

Siti Nurbaya. Asal nama : pemberian nama aglaonema ini terinspirasi oleh legenda Siti Nurbaya, sesungguhnya agklaonema ini termasuk seri Ruby.

Urat Bihun / Siti Nurhaliza. Asal nama : Terinspirasi oleh kecantikan paras dan kemerduan suara penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhaliza, yang terkenal lewat lagu “Cindai”.

Ariana (tahun release 2004). Asal nama : Aglaonema ini koleksi Songgo (Jakarta). Nama Ariana untuk menghormati nama teman Songgo, kolektor aglaonema di Jakarta Barat.

Audrey (tahun release : 2004). Asal nama Audrey diambil dari nama puteri Songgo.

dikutip dari buku :Aglaonema Silangan Greg Hambali /FLONA Serial)

PR - KU

S E L E S A I .... BEBAS EUY... ehhhh ada lagi yang kasih PR tapi aku lupa siapa yaaaa yang kasih PR... waktu itu kerjaan ku overload jadi aku minta waktu nah saat ini sedikit lenggang mohon

PENTERJEMAHKU