Selasa, September 09, 2008

Berbagai Cara Perbanyak Si Ratu Daun

PERBANYAKAN CANGKOK

Perbanyakan aglaonema bisa dengan biji dan anakan, apa yang harus kita lakukan jika terlalu lama menunggu munculnya anakan ? Kita bisa mencoba melakukan perbanyakan dengan cara mencangkok dengan cara sebagai berikut :

(1) Pilih aglaonema yang mempunyai batang cukup panjang, dan bersihkan pelepah daun yang sudah tua
(2) Siapkan botol plastik bekas, potong leher dan bagian bawah botol dan sayat dari atas ke bawah.
(3) Pasang botol yang sudah dipotong di batang aglaonema, isi dengan media tanam berupa cocopeat dan kompos ( 1:1 ), lalu ikat botol biar rapat. Siram media tanam dan usahakan media dalam botol tidak sampai kering.
(4) Setelah kurang lebih sebulan, muncullah tunas-tunas, tunggu sampai akarnya cukup kuat.
(5) Setelah berumur tiga bulan, bukalah botol dan bersihkan media, gunakan pisau tajam steril untuk memisahkan tunas-tunas anakan, kita sudah berhasil mendapatkan beberapa bibit baru.
(6) Rendam bibit-bibit tersebut dalam larutan fungisida selama 10 menit kemudia ditanam pada pot.


CARA MENYILANGKAN

Daya tarik tanaman hias jenis aglaonema terletak pada keindahan motif daunnya, saat ini sudah banyak sekali jenis aglaonema varian baru hasil penyilangan. Yang paling fenomenal adalah Pride of Sumatera hasil penyilangan oleh Greg Hambali yang pernah meraih medali emas di ajang lomba tanaman hias internasional di Belanda Floriade tahun 2002.

Sebenarnya kita bisa melakukan penyilangan sendiri dan ternyata tidak sulit untuk dilakukan, siapa tahu kita bisa menghasilkan aglaonema yang unik, langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut :
(1) Syarat utama adalah harus ada induk jantan dan induk betina. Ketika bunga-bunga aglaonema mulai bermekaran, pilihlah aglaonema yang pada tongkol bunga terdapat serbuk sari ( seperti bedak ) dan pilih aglaonema yang siap diserbuki untuk dijadikan induk betinanya.
(2) Gunakan kuas yang bersih untuk mengambil serbuk sari, lalu oleskan pada putik yang terdapat pada induk betinanya, Setelah itu, tanaman yang sudah diserbuki dikerudung dengan kantong plastik transparan agar aman dan kelembabannya terjaga.
(3) Penyilangan sebaiknya dilakukan di pagi hari antara pukul 07.00-09.00, jika dilakukan di siang hari, biasanya serbuk sari sudah rontok.
(4) Jika penyilangan berhasil akan terbentuk buah, satu tongkol aglaonema bisa menghasilkan 10-30 biji, sedangkan seludang bunga lainnya biasanya mengering.
(5) Sekitar enam bulan, buah hasil penyilangan bisa dipanen dan diseleksi untuk mendapatkan buah yang siap tanam. Buah yang sehat adalah yang tidak terserang hama dan penyakit, berwarna hijau dan menjadi merah ketika siap di petik. Untuk menanamnya kulit buah harus dikupas, biji yang baik berwarna kecoklatan.


NB: tulisan ini di sadur dari http://trubus.blogspot.com dari 2 makalah menjadi 1 dan diberi judul sesuai yang diatas dan tulisan ini tidak ada yang di kurangi dan ditambahi

PR - KU

S E L E S A I .... BEBAS EUY... ehhhh ada lagi yang kasih PR tapi aku lupa siapa yaaaa yang kasih PR... waktu itu kerjaan ku overload jadi aku minta waktu nah saat ini sedikit lenggang mohon

PENTERJEMAHKU