Jumat, Oktober 24, 2008

Situasi Pasar Dunia Flora pertengahan 2008-2009

Seperti yang sudah diprediksikan pada akhir tahun 2007, seiring rekayasa yang dilakukan makelar dan media tanaman hias tertentu ternyata tidak ada yang bisa merubah situasi yang terlanjur terpuruk. Terbukti meskipun ada upaya sporadis dilakukan beberapa pemain untuk menggoyang pasar, tampaknya pasar dan penghobbi flora di tanah air sudah capek dan kehilangan tenaga mengikuti goyangan ngebor pendatang baru yang digoreng. Seperti fenomena goyangan panas di panggung dangdut, yang akhirnya berlalu seiring waktu. Terbukti beberapa tanaman yang digoyang para makelar, seluruh penghobbi hanya menonton pasif. Beberapa tanaman yang berupaya naik mengalami nasib serupa.

Hal yang kontradiksi justru terjadi di aglo, begitu sempat naik, harga malah terkoreksi turun sangat tajam. Berbeda dengan pakem yang biasa terjadi padafenomena sebelumnya. Disinyalir hal ini diakibatkan pemain aglo yang memiliki stok menggelontorkan stoknya, karena kesempatan once in a life time ini, disamping faktor mental yang tidak siap naik secepat itu (takut keburu turun). Sehingga membuat nanar penghobbi dan pemain, karena tidak mengira hal seperti ini akan terjadi (padahal sudah sempat diwanti-wanti sebelumnya).

Setelah Fase Goreng Menggoreng dan upaya tarik menarik kepentingan antara Importir sebagai perwakilan tanaman import dan pemain tanaman hias lokal, sekarang dunia flora tanah air memasuki fase cooling down. Seperti segelas kopi yang selesai diaduk, semuanya mengendap dan kembali menempati posisinya masing-masing.

Penghobbi Adenium yang terlanjur kecanduan moleknya bonggol, penghobbi aglaonema yang tersapu liukan si ratu, penghobbi bonsai yang terpesona kewibawaan sosok sikerdil, maupun penghobbi sanse, kaktus, euphorbia yang tertusuk hatinya oleh duri sitajam, anggrek yag selalu mistis menggoda, ataupun penggemar anthurium yang terpesona urat si raja tidak bisa kelain hati. Semuanya kembali ke esensi Hobby, merawat si tanaman sebaik-baiknya untuk menenteramkan jiwa dan menghilangkan stress.

Hal ini akan berdampak baik pada perkembangan di anah air, dimana masing-masing kelompok hobby akan tetap menekuni bidangnya masing-masing. Disamping harga yang pada umumnya merupakan harga terbaik, mengingat harga sekarang hampir sama dengan harga di thailand. Sehingga untuk Penghobbi dan kolektor yang ingin melengkapi koleksi ataupun memenuhi hasratnya yang lama dipendam, sekarang menjadi saat terbaik untuk berburu. Disamping dari segi faktor stok yang melimpah, sehinga memudahkan untuk memilih barang koleksi pada harga terbaik.

Jika situasi ini terus terjaga, dunia flora kita akan tetap berwarna-warni akan keanekaragaman tanaman hias yang ada dan dikembangkan. Diharapkan kedepan upaya-upaya untuk menjegal perkembangan salah satu tanaman hias yang sedang populer tidak lagi dilakukan, karena hal semacam itu membuat dunia tanaman hias dan pasar yang tengah bergerak laju, distop begitu saja, limbung dan akhirnya jatuh terjerembap. yang justru berakibat menyeluruh dan jatuhnya image dunia tanaman hias tanah air.

Apa yang kami lakukan disini adalah dalam upaya menghentikan sekelompok makelar dan media yang berupaya menjadikan dunia tanaman hias sebagai jajahannya. yang bertentangan dengan apa yang kami yakini bahwa tanman hias itu adalah sahabat dan teman kita. Biarkan semua itu berjalan secara alami, karena pada akhirnya semua memiliki fase alamiah untuk tumbuh, berkembang dan menurun kalau tidak mampu memaintenance pasar ataupun memunculkan inovasi. Penghobbi dan kolektor hanya memerlukan informasi dan panduan memulai menikmati keindahan tanaman hias tertentu sebanyak-banyaknya. tidak perlu tahu hitung2an angka keuntungan yang selama ini justru menyesatkan.

Tidak perlu ada orang-orang yang merasa berkewajiban moral dan menjadi pihak yang berusaha mengintervensi pasar seolah-olah menjadi tangan tuhan. tetapi disisi lain melakukan hal yang sama. Semua Orang merupakan Individu unik dan berbeda, baik sifat, keinginan, kebutuhan, preferensi, keuangan, kesempatan, lingkungan , dll. jadi semua orang akan memulai dari tanaman yang berbeda, dan kecintaan yang berbeda-beda.
source: www.duniaflora.com

PR - KU

S E L E S A I .... BEBAS EUY... ehhhh ada lagi yang kasih PR tapi aku lupa siapa yaaaa yang kasih PR... waktu itu kerjaan ku overload jadi aku minta waktu nah saat ini sedikit lenggang mohon

PENTERJEMAHKU