Jumat, Oktober 24, 2008

Time to Buy - Saat yang tepat Untuk Membeli Tanaman Hias

Belakangan ini, setelah melalui fase cooling down, tampaknya harga juga sudah terdesak jauh, melampaui harga normalnya. sekaranglah saat yang tepat bagi pecinta tanaman menambah koleksinya. Kenapa ? :
1. Umumnya harga yang akan diperoleh bisa jauh dibawah harga pasar. karena banyak nursery yang kejar setoran.

2. Kita akan mendapatkan tanaman dengan form yang lebih baik - lebih besar, lebih banyak daun, lebih sehat, sudah beradaptasi (karena pada saat trend, yang dijual adalah tanaman impor yang baru datang)
3. Kita bisa memilih-milih tanaman dengan seksama. Sehingga merupakan keuntungan bagi Pembeli tanaman Hias.

Bagi anda yang ingin membeli tanaman hias, berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada saat membeli tanaman :

* Pilihlah tanaman yang sehat, jangan tertipu oleh kemasan atau pot yang tampak bagus,tetapi tanaman tidak sehat. Pilih tanaman yang sudah tampak beradaptasi dimana daun dan tunasnya dalam keadaan segar. sering sekali tanaman dipaksa dijual meskipun masih dalam keadaan stress, yang ditandai dengan daun yang tampak layu.
* Perhatikan secara seksama tanda-tanda penyakit, seperti busuk batang, layu tunas, jamur, bakteri.anda tentu tidak ingin tanaman yang baru dibeli menularkan penyakit di rumah anda.
* Untuk tanaman bunga, pilihan tanaman yang masih memiliki kuncup bunga (tidak mekar seluruhnya) sehingga bunganya dapat anda nikmati di rumah dalam bberapa waktu kedepan.
* Pilih tanaman yang sudah lama ditanam. dapat dilihat dengan cara menarik atau menggoyangkan tanaman pelan-pelan. tanaman yang baru ditanam, perakarannya belumlah maksimal, sehingga akan mudah goyah. tanaman yang baru ditanam juga memiliki resiko stress dan kemungkinan mati lebih besar, akibat perubahan lingkungan.
* Adaptasikan tanaman yang baru dibeli di tempat yang terpisah (jangan langsung dicampur) usahakan tempatnya teduh dan lembab selama 2 hari. hal ini juga bertujuan untuk mengkarantinanya terlebih dahulu sehingga jika terdapat penyakit, dapat segera diketahui, dan tidak menular. Beri tanaman dengan hormone perangsang tumbuh dan vitamin supaya tanaman dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya
* Ganti media tanaman, terutama yang ditanam dengan sekam dengan media tanam baru yang kaya akan unsur unsur hara. Selain menjadi tidak praktis dan ekonomis untuk keperluan di rumah, tanaman juga memerlukan jatah unsur tanah dan hal itu dapat diberikan dengan larutan pupuk.

Satu hal lagi selama berburu koleksi, jangan lupa untuk memantau tanaman yang tampak menyimpang dari kumpulannya, baik mengalami mutasi daun, varigata, kristata, ataupun mungkin saja anda akan menemukan varietas baru yang diakibatkan oleh persilangan sendiri. Selamat Berburu tanaman.
source : www.duniaflora.com

PR - KU

S E L E S A I .... BEBAS EUY... ehhhh ada lagi yang kasih PR tapi aku lupa siapa yaaaa yang kasih PR... waktu itu kerjaan ku overload jadi aku minta waktu nah saat ini sedikit lenggang mohon

PENTERJEMAHKU