Jumat, April 03, 2009

Terpesona Lagi Kelingking Putri


Elok nian rangkaian kembang itu. Empat tangkai anthurium bunga berwarna merah cerah menjulang dengan spadiknya yang seperti menunjuk langit. Di bawahnya, 4 bunga ekor bermotif belang-belang mempercantik rangkaian.
Rangkaian karya Iriannie Jasmine itu sederhana, tapi menawan. Merah cerah anthurium bunga menjadi daya tariknya. 'Dalam suatu rangkaian, warna merah terlihat tegas,' tutur Erna Utami Roesdiono dari Asosiasi Pengusaha dan Petani Flora Indonesia (ASPENI) Jawa Timur. Makanya cinggir putri-nama di Bogor, artinya kelingking putri-warna merah banyak diminta perangkai.

Dari rata-rata penjualan 500 tangkai anthurium bunga per bulan di Melrimba Sentra Agrotama-produsen bunga potong, sebagian besar berwarna merah. Salah satunya bernama tropical. Ukuran bunga besar, diameter 12-14 cm. Permukaan atas bunga mengkilap. Bunga tetap segar dipajang sampai 23 hari pascapanen. 'Tropical didapat dari Belanda,' kata Andri Prabowo, manajer pemasaran Melrimba.
Telunjuk besar
Tropical itulah salah satu yang Trubus temukan dalam bedengan bunga ekor yang berderet-deret di nurseri Anthura. Si merah mengkilap memang berasal dari nurseri di Rotterdam, Belanda, itu. Ia lahir dari tangan Nic van der Knap 23 tahun silam. Sampai sekarang flamingo flower itu tetap favorit.
Di sana juga ada sonera berkelir merah-hijau. Dari kertas putih di depan bedengannya didapat informasi ukuran bunga 19-21 cm. Setelah panen, bunga awet simpan hingga 39 hari. Penampilannya berbeda dengan artica. Yang disebut belakangan warnanya putih dan mungil-ukuran hanya 10-12 cm. Bunga tahan simpan 31 hari setelah dipetik. Graffity memiliki spadik yang unik, melengkung seperti huruf U. Ukuran bunga 10-12 cm dan awet simpan hingga 17 hari.
Di beberapa bedeng, nama varietas hanya berupa kode nomor. Itu hibrida-hibrida yang masih dalam tahap seleksi. Trubus melihat sesosok yang seludangnya berwarna merah-hijau superbesar, ukurannya mencapai 24 cm. 'Dari segi penampilan memang unik, tapi ini tidak bisa komersial,' ujar Gerrie Schumacher, sales manager Anthura. Pengalaman Gerrie, mengepak-kan bunga-bunga superbesar sulit.
Pantas meski setiap tahun nurseri yang berdiri sejak 36 tahun silam itu menghasilkan minimal 39.600 hibrida baru, hanya 3-5 varietas dirilis ke pasar. Itu setelah melewati tahap seleksi selama 8-10 tahun. Syarat tanaman lolos seleksi: tahan penyakit, tangkai bunga panjang dan kuat, serta bunga tahan lama setelah dipetik dan berwarna menarik. Dengan begitu bunga-bunga cinggir putri dari Anthura selalu mempesona. (Rosy Nur Apriyanti)
Source : http://www.trubus-online.co.id


PR - KU

S E L E S A I .... BEBAS EUY... ehhhh ada lagi yang kasih PR tapi aku lupa siapa yaaaa yang kasih PR... waktu itu kerjaan ku overload jadi aku minta waktu nah saat ini sedikit lenggang mohon

PENTERJEMAHKU